Minggu, 18 Mei 2014

4 Film Kartun Sepakbola Terbaik Versi Gue

Saat kecil siapa sih yang gak demen nonton film kartun? Semuanya di masanya pernah tergila-gila dengan film kartun, termasuk gue. Gue seneng banget yang namanya film kartun, bahkan sampai sekarang gue lebih seneng film kartun daripada sinetron. Memang sih film kartun itu gak nyata tapi gue suka dengan jalan cerita dan karakternya. Gue paling suka dengan film kartun Jepang  yang bertema olahraga, karena gue suka dengan jalan cerita, karakter, dan semangat perjuangannya. Memang sih biasanya tokoh utama selalu menang, tapi walaupun begitu di ceritanya selalu berisi pesan untuk mencapai kemenangan itu selalu ada perjuangan di dalamnya.  Untuk mendapatkan kebahagiaan yang diinginkan harus berani dan mau berkorban.
Nah, selama ini film kartun bergenre sepakbola sudah banyak yang ditayangin di beberapa stasiun tivi di Indonesia. Dari sekian banyak itu, gue nilai inilah yang terbaik :

1. Kickers 
Masih inget dengan film kartun ini? Ini film kartun pertama tentang sepakbola yang pertama gue tonton. Saking senengnya dulu gue punya kaosnya waktu gue masih kecil. Ini manga karya Noriaki Naga. Tokoh utamanya, si Kakeru Daichi bentuk wajahnya ini mirip dengan tokoh Tsubasa. Menceritakan tentang Kakeru, Hongo (kiper yang selalu bertopi) dan teman-temannya di SD Kitahara yang berjuang bersama dalam sebuah kejuaraan.

2. Offside
Offside ini juga keren, karya dari Natsuko Heiuchi. Gue sampai punya komiknya.Film kartun ini menceritakan tentang klub sepak bola yang ada di SMA, namanya SMA Kawako. Ceritanya ada murid baru yang badannya cukup besar, ia bernama Goro Kumagaya. Awalnya dia dijadikan penjaga gawang tapi akhirnya dia dipindahkan menjadi penyerang. Dia bersama Yakumaru, Shingo dan teman-temannya berjuang membawa SMA-nya menjadi juara. Untuk versi komik, SMA-nya bernama SMA Kawasaki.
3. Captain Tsubasa
Captain Tsubasaaa !! Ini legend dan film kartun sepakbola fenomenal di Indonesia. Siapa sih yang gak kenal Tsubasa? Wakabayashi? Misaki? Hyuga? 
Karya Yoichi Takahashi ini memang sangat populer di Indonesia. Menceritakan tentang perjalan perjuangan Tsubasa di SD Nankatsu sampai dia masuk ke klub Barcelona. Walaupun mungkin ceritanya rada fantasi dengan jurus-jurus tendangan maut dan tekhnik sepakbola tapi film dan komiknya betul-betul keren menurut gue.

4. Shoot


Shoot karya Tsukasa Oshima ini menurut gue juga keren. Gue juga punya komiknya ini, keren ceritanya.  Nyeritain tentang perjalanan Toshihiko Tanaka, Kazuhiro Hiramatsu, dan Kenji Shiraishi, trio maut dari SMP Kakenishi. Mereka memiliki jurus andalan 'Triple Counter Attack.'  Setelah lulus SMP, kemudian mereka kembali berkumpul dan berjuang di SMA Kakegawa bersama Kubo Yoshiharu dan Kamiya. Yang kemudian dalam perjalanannya, pemain andalan mereka, Kubo meninggal dunia karena kanker darah. Walaupun begitu mereka tetap berjuang untuk meraih mimpi mereka bersama.


Waaaaa komik dan anime Jepang emang gak ada matinya. Sebenarnya masih ada film-film lain macam Whistle, Inazuma Eleven, Dragon League  dan lain-lain yang dulu sering diputar di saluran Tv Indonesia. Tapi bagi gue, dari sekian banyak itu gue milih ke empat film di atas, keren dan inspiratif. Kalau habis nonton itu, tiba-tiba selalu pengen jadi pemain sepak bola.hahaha...

Gue sempet mikir jangan-jangan kemajuan sepakbola Jepang salah satu alasannya karena mereka sejak kecil sudah dijejali film-film kartun kayak gini. Kalau memang benar, gue berharap di Indonesia juga nyiptain film kartun karya sendiri ceritanya disesuain dengan situasi dan kondisi di Indonesia. Pasti bakal keren itu.

1 komentar: