Sabtu, 03 Mei 2014

Hore-Hore di Pameran Potensi Daerah Kabupaten Sleman 2014



Sabtu malam ini aku memutuskan pergi sendirian untuk refreshing dan mengisi waktu. Rencana sih mau jalan-jalan kemana nyari tempat yang lain daripada yang lain dari biasanya, bukan cafe, mall atau tempat nongkrong lainnya. Ketika sampai di daerah Denggung, Sleman, aku melihat keramaian. Sepertinya semua lapisan masyarakat sedang berkumpul di sana, tua muda, cowok cewek, punya pacar atau tidak, nikah atau belum, lagi galau atau enggak dan segala macamnya. Selidik punya selidik, di sana sedang ada Pameran Potensi Daerah Kabupaten Sleman 2014.

Sudah lama aku tidak ke sana, terakhir mungkin waktu masih kecil. Ketika dulu kalau belum datang ke pameran sepertinya belum afdol. Apalagi obrolan saat SD waktu itu kalau belum ke Pameran sepertinya belum gaul. Apalagi selain ada pamerannya juga ada pasar malamnya. Dan inilah yang menjadi daya tarikku ketika masih kecil.
Akhirnya akupun tergelitik untuk mampir ke tempat itu lagi, nostalgia dan melepas rindu, sekaligus merasakan kembali menjadi anak gaulnya Sleman.
Ini karcis Rp 2000 untuk sepeda motor. Aku memarkir motorku di halaman Pengadilan Negeri Sleman.

Setelah memarkir kendaraan aku bergegas masuk ke tempat pameran. Pintu masuknya ini etnik sekali dengan susunan bambu. Di samping ada pot-pot tanaman buat menghiasnya. Setelah masuk sudah terlihat di kanan kiri berjajar macam-macam stand baik stand badan pemerintah daerah, UKM, sekolah, stand pameran tiap kecamatan dan lain sebagainya.


Stand Badan Lingkungan Hidup

Stand Kecamatan Pakem


Stand arsip nasional. Sayang gak boleh foto-foto ketika masuk ke dalam. Di dalamnya ada foto-foto Affandi. Siapa yang gak kenal Affandi,  seorang pelukis berbakat yang pernah ada di Indonesia. Selain itu foto-foto tentang sejarah yang pernah dilalui oleh Sleman. Baru ngeh ketika tahun 1945-1947 pusat pemerintahan Sleman berada di dekat rumah, Triharjo, tepatnya dekat Pasar Sleman. Ada foto Masjid deket rumah dan perempatan Pasar Slemannya.

Stand kecamatan Sleman. Sayang tempatnya kecil. Ini kecamatan dimana tempat tinggalku berada. Ada beberapa teman yang aku kenal menjaga stand tersebut.Pengen beli hewan lucu seperti hamster atau ikan beta? ada lho di sini.


Ini stand Kecamatan Depok. Isinya berbagai hasil karya kesenian dan kerajinan penduduk di Depok, Sleman.
Ini salah satu sudut lokasi pameran. Semakin malam semakin rame. terlihat di sana stand-stand sekolah yang ada di Sleman. Berjejer rapi, damai, dan tidak ada tawuran.


Jangan salah di sini hiburan juga gak kalah untuk menghilangkan kegalauan kalian, ada Komedi Putar dan Kora-Kora juga di sini.

Ada panggung hiburannya juga di tengah lapangan. Waktu itu kalau gak salah yang di foto itu penampilan dari band SMA N 1 Sleman. Tapi jangan salah, selain band, acara setelah itu ada penampilan tari tradisonal dan juga kesenian dari daerah di wilayah Sleman.



 
 Ini mainan legendaris. Kapal mainan yang bisa jalan di air. Aku nyebutnya "otok-otok" karena bunyinya kayak gitu. Di jaman sekarang, mainan ini masih bisa bertahan menghadapi mainan yang lebih modern, salut.

Makanan yang gak bisa lepas dari Pameran atau Pasar Malam, arum manis, donat, martabak  dan tahu petis. Belum ke Pasar Malam kalau belum makan ini.


 Setelah capek jalan-jalan, istirahat sambil menikmati jagung bakar pedas dan segelas es jeruk. Sendirian dan Nikmat :)

Itu tadi jalan-jalanku di Pameran Potensi dan Pasar Malam di Kabupaten Sleman. Mungkin foto-foto tadi menurutku masih kurang untuk menggambarkan serunya di sana. Masih banyak stand-stand ataupun hiburan yang belum terdokumentasikan dengan baik. Maklum aku terhanyut dengan keadaan di sana lagipula aku hanya mengambil dengan kamera Hp yang resolusinya pas-pasan. Jadi lebih baik datang dan nikmati sendiri aja. Yap acara yang diadakan setahun sekali emang sudah legend dari aku kecil, gak kalah sama mall, swalayan atau pasar modern lainnya. Aku lihat seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah kumpul di situ untuk menikmati Sabtu malam tadi. Jujur, sebagai warga Sleman, aku benar-benar terbantu dengan adanya acara seperti ini. Di sini kita bisa mengetahui sejarah Kabupaten Sleman, potensi apa saja yang ada di Sleman, terhibur juga dengan adanya panggung hiburan, wisata kulineran dan wisata belanja. Sehingga besok Minggu malam rencana mau ke sana lagi tapi dengan mengajak teman-temanku yang lain. Ayo datang, kita hore-hore, siapa tahu kita ketemu :)
Menurutku belum jadi anak gaulnya Sleman, kalau belum pernah datang ke sini. haha..
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar