Kamis, 01 Mei 2014

LakilakiGalauthropus : Tips Buat yang Baru Diserang Cemburu


Cemburu..Hmmm kenapa kata itu harus tercipta di muka bumi ini. Gue yakin baik jomblo atau Longers semuanya pernah ngrasain yang namanya cemburu ini. Bagi jomblo, sakit rasanya ketika gebetan yang lagi diincer malah deket sama orang lain. Parahnya kalau ternyata deket sama temen sendiri yang dikenal. Ojo bunuh diri lho mblo...
Bagi longers, yang jauh ditinggal pacar di ujung dunia sono, cemburu itu menderita. Udah jarak jauhan ditambah cemburu. Bunuh diri aja...
Ada alasan yang banyak buat cemburu tapi juga ada sekelumit alasan untuk tidak cemburu. Gue punya cerita dari pengalaman diri tentang yang namanya cemburu. Ini terjadi saat gue ngalami yang namanya pacaran untuk pertama kali seumur hidup gue. Betapa indahnya kan ketika awal pacaran gitu. Seperti ketika lagi di Gurun Sahara, sendirian berjalan lama dan sangat sangat kehausan dan tiba-tiba kita nemu segelas es Choco Banana. Langsung segera disantap. Begitulah gue ketika awal pacaran, gak pernah ngrasain indahnya pacaran dan sekalinya ngrasain, gak mau ngelepas gitu aja. Yah gue benar-benar merasakan kebahagiaan saat itu dan pengen jaga rasa itu. Tapi yang terjadi kemudian gue berkembang menjadi over protect dan pencemburu.  Gue cemburu ketika tahu ada yang dekati dia saat gue udah jadi pacar dia, gue cemburu saat gue tahu dia pergi main dan di situ ada cowoknya, gue  cemburu ketika dia smsan atau telponan dengan cowok lain, gue cemburu dengan semua hal. Alhasil bagai sabun basah yang semakin dipegang erat semakin dia akan tergelincir dari pegangan, begitulah cerita pacaran pertama gue. Sayang sekali memang dalam pacaran gak ada yang namanya uji coba atau trial, yasudah berakhir sudah. Tragis...

Dengan adanya kejadian tersebut membuat gue belajar akan sesuatu, belajar yang namanya menjaga komitmen, setia,  dan kepercayaan. Sekarang gue sudah membuka lembaran baru dengan pacar baru. Kebetulan gue gak salah pilih sampai detik ini, karena orangnya mengerti dan bisa memahami gue yang baru belajar yang namanya pacaran, tapi ya itu akhirnya sama dia nama cuppu disematkan ke gue. Sedikit demi sedikit gue belajar memahami dan mengerti seperti apa pacaran dan yang namanya wanita itu. Gue sudah terus terang ke dia kalau gue punya history pencemburu dan sejenisnya, tapi ternyata dia gak masalah dengan hal tersebut. Dan emang dalam perjalanannya, dia membantu gue untuk bisa belajar dan dia berhasil menumbuhkan yang namanya kepercayaan dengan dia bisa menjaga perasaan gue. Sampai kemudian negara api menyerang dan membuat kami berpisah jarak. Emang sulit pacaran jarak jauh, banyak yang gagal tapi tidak sedikit juga yang berhasil mengatasinya. Banyak rintangan yang menghadang. Dan rasa cemburu juga merupakan salah satu halangan rintangannya.  Gak dipungkiri kadang gue  juga ngrasa cemburu, yang bikin gue cemburu biasanya cemburu saat di sosmed ada yang godain dia, atau ketika gue tahu ada yang deketin dia langsung atau tiba-tiba dia ilang gak ada kabar yang bikin gue menduga-duga macam-macam. Tapi, tentunya gue kali ini gak mau kalah dengan namanya rasa cemburu, karena gue bener-bener ingin menjaga hubungan sama pacar gue. Gue pengen pacar gue ngrasa nyaman dan bahagia di dekat gue.

Nah, ada beberapa cara yang gue lakuin ketika rasa cemburu nyerang gue. Ini beberapa obat yang gue tawarin:
1. Inget-inget dengan komitmen yang pernah dibuat. Gue akan kembali nostalgia saat gue awal pacaran. Inget dengan moment-moment indah bersama. Walau kita pacarannya nyantai terkadang kita ngobrolin hal yang serius. Nah, saat serius gitu kita pernah ngobrolin tentang hari esok, itulah yang gue pegang sampai sekarang. Komitmen yang dibuat ini yang kemudian membuat kepercayaan juga tumbuh. Saat ngobrol serius gue pernah juga jujur tentang semua keburukan gue dan dia bisa menerima. Itu yang bikin gue bahagia, dia bisa nerima apa adanya gue. Makanya gue juga harus bisa gitu. Gue berusaha nerima apa adanya dia juga.
2. Nyari kesibukan yang positif. Nah, biasanya gue jadi sok sibuk biar lupa. Itung-itung malah sok sibuk yang menghasilkan. Walaupun emang jujur kadang bayangan cemburu menyerang juga saat gue sok sibuk. Seperti saat gue diminta tolong ponakan gue buat gambar rumah dan halaman yang indah, tiba-tiba bayangan cemburu menyerang, dan ketika kelar gambar, bukannya gambar halaman dan rumah tapi jadinya kuburan plus pocong-pocongnya. Absurd, abaikan...
3. Beribadah. Ketika gue cemburu segera gue ambil air wudhu dan sholat tentunya saat waktunya buat sholat. Mendekatkan diri kepada Tuhan memang menyejukkan. Berdoa memang merupakan cara ampuh. Berdoa untuk supaya yang deketin pacar gue, tertimpa sial seumur hidup. amiiin..
4. Dengerin musik. Menyugesti diri sendiri dengan musik merupakan hal yang sering gue lakuin, tentunya dengerin lagu yang isinya tentang semangat dan muatan positif. Ketika gue cemburu dan sedih gue menghindari lagu yang bikin galau karena gue takut tiba-tiba gue khilaf dan bunuh diri.
5. Curhat dengan orang yang benar. Ini bisa dicoba tapi jaraaaang banget gue lakuin. Takut aja malah dikompor-komporin, karena jujur gue ngrasa yang ngerti gue ya gue sendiri, yang ngerti pacar gue ya pacarnya, dan yang ngalami pacaran ya gue sama pacar gue. Tapi kalau yang kalian biasa dengan curhat, bolehlah. Karena memang beban itu akan terasa ringan ketika bisa dibagi dengan orang lain. Tapi ya itu curhatlah dengan benar dan dengan orang yang tepat.
6. Jalan. Biasanya cemburu itu bikin penat. Kalau udah gini, gue biasanya jalan dan main sama temen-temen. Cukup bisa membuat lupa dengan cemburu. Walaupun mungkin setelah sepulang dari jalan atau main, gue bakal inget lagi. arghhhhh...
7. Terbuka dan komunikasi dengan pacar baik-baik. Gak ada salahnya dikomunikasikan dan diklarifikasi baik-baik. Biasanya kalau gue cemburu gue ngomong sama pacar gue. Dan pacar gue pengertian orangnya, dia menjaga perasaan gue dan menentramkan hati. Ketika gue kepanasan api cemburu dia dengan sigap ngipasin biar adem lagi. Jadi gak ada salahnya dikomunikasikan baik-baik dengan pacar, karena komunikasi itu cara ampuh untuk menjaga hubungan pacaran.
8. Sewa detektif. Kalau penasaran dan pengen pacar lu gak tahu yang lagi kamu rasain, sewa aja Detektif  buat ngawasi dan ngikutin kemana aja pacar lu. Inget jangan sewa detektif yang lebih ganteng dari lu, siapa tahu malah pacar lu kesengsem sama itu detektif.
9. Samperin orang yang buat cemburu. Kalau berani, ya langsung aja klarifikasi sama si tersangka. Tapi tentunya dengan dengan baik-baik. Ketika nyamperin tersangka jangan bawa orang sekompi, yang ada malah bakal ada Perang Dunia kesekian.
10. Positive Thinking. Berpikiran postif itu perlu. Ketika tahu ada yang deketin dia, berpikirlah positif. Belum tentu pacar lu senang dengan orang itu, belum tentu itu mau deketin tapi cuma temenan, dan kalau pacar lu ilang gak ada kabar mungkin dia lagi sibuk bukan jalan sama orang lain. Ingetin diri sendiri betapa beruntungnya lu sudah jadi pacar dia sampai sekarang.

Dan terakhir, menurut gue adanya rasa cemburu itu  wajar. Karena cemburu terlahir akan adanya rasa memiliki. Rasa memiliki itu hadir alami sepanjang perjalanan waktu pacaran. Ketika rasa memiliki itu tumbuh biasanya dibarengi dengan rasa untuk menjaga dan pengen pasangannya bahagia di dekat dia.
Bagi sebagian pasangan bahkan ada lho yang cemburu itu bisa dibuat seru-seruan yang bikin malah tambah awet pacaran mereka. Jadi tergantung menyikapi rasa cemburu itu sendiri. Jika sudah ada rasa pengertian yang terjalin, ya bakal enak-enak aja ngejalaninnya.
Cemburulah sewajarnya jangan sampai cemburu buta. Karena yang namanya dicemburuin dan dicurigain itu tidak enak. Mau pacarnya gak nyaman karena dicemburui buta? Mau pacarnya lari karena lu cemburuan? Sabar dan tabahlah.

4 komentar:

  1. Kalo cemburu, biasanya gue lebih memilih beribadah atau dengerin musik #AnakAlimDetected.

    BalasHapus
  2. klo cemburu sih,cuekin yg bikin cemburu,biasanya sih diannya peka *iyasih klo peka..
    visit jg yaa sugatangguh.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah kayak gitu, kayaknya banyak gak pekanya deh.hehe. oke sob salam kenal :)

      Hapus