Sabtu, 10 Mei 2014

7 Tips Sesat Ngisi Waktu Nunggu Dipanggil Interview Kerjaan


Bagi para jobseeker sudah akrab sekali dengan foto model di atas begitu, berdasi, background foto merah atau biru, pake pakaian jas resmi dan tak lupa pasang tampang se-unyu mungkin. Kenapa begitu, ya ini bukan mengenai cari perhatian buat gebet cewek, tapi ini gebet yang namanya kerjaan.
Bagi jobseeker profesional, pasti sudah terbiasa dengan antri berpanas-panas buat masukin lamaran, ngerjain soal yang berjumlah ratusan tapi dikerjain dalam waktu satu detik, atau harus berdandan semenor mungkin biar yang mewawancari jadi tertarik. Dan perjuangan setelah itu belum selesai, berjuang mencari kerja yang lebih berat lainnya adalah yang namanya menunggu. Baik menunggu panggilan tes, menunggu pengumuman, menunggu panggilan tanda tangan kontrak dan menunggu kepastian yang ditunggu.
Dari beberapa tahap menunggu saat berjuang mencari kerjaan, bagi gue menunggu waktu untuk interview dengan tim HRD adalah waktu yang sangat menegangkan dan lamaaa. Padahal ketika dipanggil dan di interview hanya membutuhkan waktu yang tidak lama.

Tim HRD : "Oke silahkan masuk" (sambil ngeliatin)
Gue :"Terima kasih pak, selamat siang"(cengar cengir pamer gigi kuning)
Tim HRD :"Selamat siang, baik silahkan keluar lagi. Pengumumannya nanti akan dihubungi lewat sms atau telpon ya. Terima kasih" (sambil tutup mata karna silau liat gigi gue)
Dan seabad kemudian, masih belum ada pengumuman ataupun panggilan kerja.

Ya, menunggu interview emang lama dan hanya butuh sepersekian detik dari tim HRD buat nentuin kalian lolos atau tidak ke tahapan berikutnya. Jadi kali ini gue akan berbagi tips sesat agar tidak bosen saat nunggu interview.


1. Pastiin lagi nama kamu emang dipanggil buat interview
Sebelum kamu dengan pedenya nunggu pastiin lagi apakah kamu orang yang dimaksud itu.Akan sangat lucu ketika kamu udah nunggu berabad-abad di ruang tunggu tapi tidak dipanggil-panggil dan ketika kamu konfirmasi ke tim yang nginterview ternyata nama kamu gak ada di daftar.
2. Perhatiin lagi pakaianmu. 
Pakailah pakaian yang pantas pakai. Jika kamu ngelamar jadi pegawai bank, pake dasi, hem lengan panjang rapi dan celana panjang kain. Jika kamu ngelamar jadi anak band, pakailah pakaian yang mirip anak band contoh, kaos, jeans dan pernak pernik lainnya. Jika kamu ngelamar jadi artis bokep, itu sepertinya gak usah pakai pakaian alias telanjang aja itu sudah cukup. hehe.
3. Nunggu sambil dengerin lagu. 
Pasti nih ketika nunggu dipanggil interview yang lama dan ngebosenin kamu pasti mati gaya. Maka dengerin lagulah jawabannya. Pasang headset jangan speaker aktif, kemudian dendangkan lagunya. Kalau perlu biar terlihat menghayati lagunya kamu sambil joget-joget guling guling ke sana kemari. Alhasil kamu jadi fresh dan ikut mengintimidasi peserta lain.
4. Ngobrol dengan peserta lain. 
Biar gak kerasa waktu yang lama, kamu bisa ngobrol dengan peserta lain. Ngobrol gak perlu yang berat-berat yang penting itu bisa bikin kamu santai. Bisa ngobrolin pengalaman, info kerjaan, hobi dan tak lupa dalam obrolan kasih kalimat intimidasi atau info sesat biar peserta lain jadi ragu dan memutuskan mengundurkan diri dari interview. Sungguh bermanfaat kan.hahahaha *ketawa jahat
5. Pergilah ke kamar kecil. 
Bokerlah sebelum Boker itu dilarang. Ini penting jangan sampai kamu waktu diinterview malah ijin harus  ke kamar kecil atau mendadak kamu ngompol atau boker di celana tanpa sengaja karena saking tegangnya. 
Selain itu ketika di kamar kecil kamu sambil boker bisa latian buat interview. 
Tanya "Jadi pengalaman anda sebelumnya apa?"
Jawab "Erghh saya ahh Plung"*
Tanya "Lalu kenapa kamu melamar di pekerjaan dalam perusahaan ini?
Jawab "Karena Plung"*
Tanya "Baiklah, kamu mau minta gaji berapa?"
Jawab "Erghhh Broot breet plung plung ah legaaa"*
*suara khas ketika boker.
6. Baca buku. 
Membaca buku selain menambah ilmu pengetahuan juga sebagai langkah intimidasi bagi peserta lain. Biar mereka ngliatnya kamu itu seorang yang inTelek. Kalau kamu gak suka baca buku berat, maka ganti sampulmu dengan judul buku yang berat-berat, contoh kamu bawa komik dari rumah tapi sebelumnya kamu ganti sampulnya dengan "Memahami Politik Indonesia yang Berbelit-Belit." Pasti peserta lain jadi minder ngliat kamu.
7. Main game. 
Jika kamu gak suka ngobrol, baca, dan dengerin lagu maka mainlah game. Game itu bisa bikin nyantai suasana. Jika kamu termasuk golongan orang-orang baik hati maka bawalah TV dan Playstation ke ruangan itu sambil kamu dan temen-temenmu nunggu, kalian bisa ngegame rame-rame dulu.

Semoga dengan adanya 7 tips sesat ini tidak menyesatkan teman-teman ya. HahaHahahha *ketawa jahat.

4 komentar:

  1. hehe aku pernah ngurusin orang orang buat di interview, emang sih keliatan dari muka mereka yang bt abis gara gara lama nunggu. tapi ya smoga posting ini bermanfaat !

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya ini terinspirasi dari nungguin interview kerja. Udah bete nunggu lama plus perasaannya campur aduk bikin mules.

      Hapus
  2. Emm, tambah ya, kalo bawa gitar ya ngamen aja dulu biar dapet tambahan buat isi bensin atau ongkos pulang.. hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih ide bagus itu bro, sambil menyelam minum air.haha

      Hapus