Senin, 12 Mei 2014

Kenapa Gue Harus Galau?



Pernah gak sih kalian ngrasain ketika mood kalian benar-benar berantakan? Ngerasa lagi ada di jurang gelap sendirian? Hawanya pengen deket-deket dengan sumur? Atau ngliat obat nyamuk cair kayak liat es jeruk yang segar? Gue pernah.

Dan itu sangat menyesakkan. Ketika ngrasain kayak gitu gue suka yang namanya mengurung di kamar, menyendiri. Ya, hari itu gue ngerasa penat sekali, galau. Dan sepertinya harus beratus-ratus tahun di dalam kamar dulu biar bisa menemukan namanya ketenangan. Ketika keluar dari kamar, alhasil sudah jenggotan dan beruban putih, dan orang rumah pun bingung plus kaget ngeliatnya. Ya itulah gue, gue tipe yang menyendiri dan gak pengen diganggu saat gue lagi penat atau lagi ada masalah. 
Seharian gue ngurung di kamar, tanpa makan pagi siang dan malam, hanya ngemil cemilan segunung.

Ketika menjelang malam, gue pengen keluar sendiri, entah kemana yang penting hati tenang. Gue pun ngeluarin motor dan berpetualang sambil nenteng sebatang cokelat silver queen dan sebungkus rokok, alih-alih makan cokelat biar stres ilang. Beratus-ratus kilo telah gue lalui dan gue belum nemu tempat yang menenangkan itu.  Gue nurutin aja ke arah mana motor ini berjalan. Suasana malam itu begitu sendu, gelap dan diiringi rintik gerimis hujan. Suasananya saat itu memang dapet banget feelnya buat menggalau. Tak terasa gue sudah sampai di Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Di sana tempatnya ramai, banyak pengunjung baik tua muda, berdua atau rombongan tapi tidak ada yang sendirian kayak gue, mungkin.
Gue memutuskan mampir ke situ, sekedar menikmati makan cokelat yang sudah gue bawa. Gue pun muterin Alun-alun buat nyari spot yang tepat, gue inget sekali muterin alun-alun sampai 3x saat itu. Setelah nemu tempat yang tepat buat makan cokelat gue pun memarkir motor dan berjalan ke arah yang gue tuju. Tempat yang gue maksud ini dekat di pojok Alun-alun, tempat yang enggak gitu rame banget. Gue duduk di sebuah pot yang tanamannya dah mati. Sambil ngeliatin lalu lalang mobil masa depan yang lewat, gue makan cokelat.

Mobil-mobil yang lampunya "wow" bikin kerasa hidup di tahun 2050


Kemudian pandangan gue melihat ke arah Alun-Alun kembali. Yah hari ini gue emang penat. Banyak pikiran yang ada di otak. Sepertinya di dalam otak sono lagi ada perang otak, dimana dari negara otak A berkoalisi dengan negara yang sepaham kemudian perang melawan negara otak B dan koalisinya, jadilah perang otak yang ke sekian. Dan itu semua membuat gue kehilangan yang namanya semangat! Sangat tidak mengenakkan kehilangan semangat! karena mau ngapa-ngapain ya bakal enggak enak. Bahkan untuk ke depannya gue gak tahu bakal ngapain dan jadi apa. Gue ngerasain sendirian..... :(

Lamunanku buyar, ketika ada anak kecil cowok gendut sliweran di depan gue dengan enak, lari sono lari sini, jalan sini jalan sono di sekitar gue, aneh. Sedetik gue anggap itu biasa, semenit gue anggep masih biasa, setengah jam ini menjadi aneh. Ngapain sih ini bocah mengganggu saja. Ingin gue tegur, tapi badan ini tertahan di pot yang gue duduki, gue hanya ngliatin itu anak. Dan si anak itu gue gak tahu nyadar apa enggak tapi dia cuma celingukan sambil jalan di sekitaran gue. Tak lama kemudian matanya terlihat berbinar melihat ke arah gue eh bukan ke belakang gue. Gue lalu noleh ke belakang dan ngliatin ada cowok paruh baya, dan cewek paruh baya juga menggendong anak kecil. Si anak kemudian berlari mendekati mereka.

Mereka pun tersenyum dan si cewek bilang,"Syukurlah ketemu, tadi Ibu sama Bapak nyari kamu kemana-mana, kamu tadi lari-lari di tempat rame gini, kami  takut kamu diculik."
Si anak,"Iya iya, Maaf bu tadi keasyikan bermain"
Cowok,"Yaudah lain kali jangan gitu lagi ya. Yuk sudah malam kita pulang"
(sebenernya obrolan mereka pake bahasa jawa sih.hehe)

Mereka pun berlalu.

Oalah baru nyadar ternyata anak tadi terpisah dari keluarganya. Pantesan kok aneh, berlarian kayak orang bingung. Gue salut dia gak hanya berdiri dan nangis, tapi dia mencari juga.
Hmm kenapa gue baru menyadari hal ini. Tiba-tiba gue ngerasa kayak anak itu, keasyikan bermain sampai lupa dengan orang yang selama ini menyayangi gue, yang sebenarnya selalu ada di dekat gue. Gue tiba-tiba ngerasa gak sendirian lagi. Ya gue gak boleh berhenti begitu aja sekarang. Gue masih punya mereka.

Ini gue dengan bapak, ibu, adek, dan @aulyadwiw

Ini Gue dan @aulyadwiw
 
Gue dengan temen-temen SMP N 1 Sleman, saat reuni
Ini dengan temen-temen saat SMA di SMA N 1 Sleman

Ini dengan temen-temen gue kuliah di Jurusan Politik dan Pemerintahan FISIPOL UGM 

Ini dengan temen-temen KKN di Turi

Ini dengan temen-temen Sleta, IYM, Jack Umb dan warga RW 01 Iropaten


Gue pernah jatuh, memang sakit, tapi gue harus berdiri lagi. Karena berjuang itu adalah ketika kamu jatuh, kamu berdiri lagi, kamu jatuh lagi, kamu bisa berdiri lagi, kamu jatuh lagi, kamu bisa berdiri lagi, begitu seterusnya sampai kamu gak akan ngrasa sakit saat jatuh karena kamu sudah tahu cara untuk berdiri lagi. Sampai suatu saat kemudian tanpa sadar kamu telah bisa berdiri kokoh dan gak ada lagi yang bisa buat kamu jatuh.

Kenapa gue harus galau? Kalau di hati gue masih ada mereka? Semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar