Minggu, 04 Mei 2014

Belajar Naik Sepeda Motor, Belajar tentang Hidup

Saat gue lagi jongkok di WC. Gue merenungkan tentang banyak hal. Selain sebagai sumber kenikmatan buat boker ya saat di WC adalah saat dimana gue dapat yang namanya sumber inspiratif. Di WC gue bisa ngrenungin hidup, mengingat apa yang sudah gue lalui, memikirkan bagaimana esok, atau mencari ide-ide nakal. Jadi jangan salah, nunggu gue di WC bisa berabad-abad lamanya. Terkadang ketika gue keluar dari WC, orang rumah gak mengenal gue lagi karena gue sudah penuh uban dan jenggotan.
Lamunan gue hari ini, terlempar ke masa saat gue belajar nyepeda motor. Gue rasa gue anak yang spesial, di saat anak anak lain ketika Playgroup udah bisa naik sepeda, gue masih bonceng. Ketika SD temen-temen sudah pada pake motor, gue baru belajar yang namanya pake sepeda roda 4.


Percaya apa enggak, gue baru bisa naik sepeda motor saat SMA. Istimewa kan. 
Jujur gue takut sekali dengan yang namanya naik motor saat itu. Karna sejak bayi gue hobi yang namanya baca berita di koran dan ngliat TV, gue  akrab dengan brita kecelakaan yang diakibatkan dan melibatkan sepeda motor. Gue takut bagaimana nasib gue ketika gue pake motor. Bagaimana andai? gimana kalau nanti? Bagaimana jika? Nah gue begitu terhantui dengan pertanyaan-pertanyaan absurd seperti itu. Padahal saat itu gue udah dibeliin sepeda motor, akhirnya karena gak dipakai-pakai sepeda motor itu teronggok di dalam rumah sampai lumutan dan berdebu. Suatu saat bapak gue masuk rumah kaget karena ngliat di dalam rumah ada seonggok benda yang penuh lumut dan tumbuhan liar yang menjalar. Setelah ditelusuri ternyata itu sepeda motor gue. Alhasil gue dimarahin bapak karena gak ngerawat itu sepeda motor. Gue pun mulai bersihin sepeda motor itu dari lumut dan tumbuhan liar, tiap hari gue belajar dari yang namanya ngidupin itu motor, bunyiin klakson, terus ke tahap manasin mesin motor.
Tapi tetep aja gue ngeri buat naikin itu motor. Sampai suatu ketika gue mengenal seorang cewek, gue SMA dan dia masih SMP. Gue kenal dia dari  temen. Manis sih rada keJepang-Jepangan gitu, karena saat itu lagi demennya dengan semua yang berhubungan dengan Jepang, gue langsung nyungsep deh saat pandangan pertama. Setelah mulai kenal deket, berawal dari sms-an dan ketemu bareng temen-temen, tiba dimana saat gue pengen main ke rumahnya. Karena gue belum bisa naik motor, alhasil gue selalu ngajak temen gue ke sana. Misal si A gak bisa nganter, minta tolong si B, kalau si B gak bisa, minta tolong si C, begitu seterusnya sampai berbulan-bulan lamanya. Hingga suatu saat ketika lagi bertiga, temen gue keceplosan ngomong kalau gue belum bisa naik motor. Jegeeeeeer!! Malu bangeeeet saat itu. Dia ketawa mengejek. Secara anak SMA, ganteng, pintar dan berwibawa tapi belum bisa naik motor. Gue akhirnya malu dan ngilang untuk beberapa saat lamanya dari cewek itu, mengasingkan diri dari dunia luar.
Dalam pengasingan itu gue bertapa. Dalam pertapaan itu muncul kakek-kakek. Dia menyarankan buat gue belajar motor atau kalau gak cewek yang kamu kejar akan tidak bisa kamu dapatkan. Mulai saat itu tanpa malu gue pun belajar yang namanya naik sepeda motor. 
Dimulai dari muter gang deket rumah terus makin jauh ke antar kota antar  provinsi. Biasalah namanya naik motor kayak gitu. Gue belum sempurna yang namanya mainin gas, ketika naik motor badan gue kaku kayak batu, gue juga pernah nabrak batu yang nyata-nyata dia diem tak bersalah, gue juga pernah atraksi naik motor dengan ngangkat naik itu motor bak pembalap padahal sih gak sengaja dan gue takut sendiri waktu itu, gue juga diliatin orang sekampung karena melihat gaya aneh gue naik motor. Tapi gue gak nyerah gitu aja, gue berusaha, terus berusaha, dan tetap berusaha. 
Berabad-abad kemudian, gue akhirnya bisa naik motor. Gue sudah gagah kalau main ke rumah cewek. Dan itu baru bisa gue lakuin saat gue SMA.
Sekarang gue mikir, kalau dulu gue nurutin ketakutan gue apa jadinya gue sekarang. Kalau gue tetep kayak dulu gue bakal gak tahu yang namanya zebra cross, ruang tunggu sepeda, atau traffic light. Gue gak bisa mengelilingi dunia atau boncengin cewek yang gue suka kalau gue gak bisa naik motor. Begitulah hidup, kita gak bisa berkembang jika kita hidup dalam ketakutan dan kekhawatiran. Wajar jika muncul ketakutan dengan yang namanya masa depan atau hari esok, wajar banyak pertanyaan mengenai besok bakal gimana, wajar jika kita ragu-ragu. Tapi jangan sampai semua itu menghantui hidup kalian. Sungguh menderita kalau kalian hidup dalam ketakutan dan penuh beban. Hidup ini hanya sekali, maka syukuri yang ada sekarang, nikmati hari ini, dan berusaha untuk esok yang lebih baik. Biarkan pertanyaan yang muncul itu sebagai kumpulan misteri, jawablah dengan proses yang dilakukan mulai sekarang, dan jangan lupa untuk menikmati proses itu. Gue yakin masa depan akan selalu indah tergantung bagaimana proses kita merangkai mimpi masa depan kita.
Seperti ketika gue naik motor, apakah setelah lancar naik motor gue bakal mulus aja? Enggak, gue pernah kecelakaan, jatuh dari motor, nabrak dan itu semua membuat gue terluka. Tapi apa iya karena itu semua, gue harus berhenti naik motor? Enggak. Entah nantinya bagaimana nasib gue dengan motor gue tapi itu gak menghentikan langkah gue buat naik sepeda motor. Gue percaya takdir itu sudah ada yang menentukan, sekarang kita hanya bisa berusaha sebaik-baiknya. Jangan dipikirkan tapi jalani.


8 komentar:

  1. aku juga takut naik motor, udah pernah belajar sampe bisa.. tapi sampe sekarang belom pernah berani bawa motor ke jalanan yg rame :D cuma berani di jalan yg sepi aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha aku pernah seperti kamu, saat itu. Tapi tetep nekat aja. Pernah juga jatuh, sakit sih, tapi kalau berhenti naik motor gak bisa pedekate sama gebetan dong.hehe Kalau gak dicoba gak bisa tahu kan, seperti yang kamu bilang "Satu hal yang paling penting, rasa penasaran udah ilang, rasa pengen tahu udah berubah jadi pengen tempe." semangat yaa

      Hapus
  2. Serius SMA? Demi? Hahaha yaAllah, gue belajar naik motor ototidak, dorong2 dulu waktu kls 4 baru deh naik kesana kesini. Seru lah seru. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya SMA. haha Tapi sekarang gue sudah bisa kok.haha

      Hapus
  3. Ahahaha..kayaknya ak perlu dimasukan dlm cerita ini. Mana ceritamu belajar ngerokok

    BalasHapus