Sabtu, 19 April 2014

LakilakiGalauthropus : Nikmatnya LDR


Hmmm.. Ini sudah weekend. Dan sekarang malam minggu. Tapi..mhmmm bentar..
Malam minggu itu kata waktu yang tepat  bagi aku dulu yang pacarnya masih deketan tapi sekarang cukup aku nyebutnya Sabtu Malam :)
Dan entah kenapa mendekati ceremony Sabtu Malam, bawaannya pengen nulis mulu, apalagi dari siang sudah hujan, hawanya jadi eeergh banget. Seperti Goku di komik Dragon Ball, yang sudah pake mode on Saiya Supernya. Sekarang yang aku rasain hawanya seperti punya kekuatan berlebih untuk menulis. Walaupun aku malah lebih kayak memperkosa tulisan karena jujur tulisanku masih typo sana sini dan berantakan, sepertinya. Skip.
Ya bagi aku yang sedang menikmati LDR, ini seperti malam biasanya. Nyiapin pulsa telpon, nyiapin cemilan, buat kopi, nyiapin headset, cari posisi enak buat duduk atau rebahan dan kemudian terakhir, telponan dengan unyu...
Apa sih LDR? aku iseng nyari dengan keyword arti LDR di twitter. Dan akhirnya nemu banyak artinya,  banyak yang nyebut arti LDR adalah Long Distance Ribetship, Luka Ditinggal Rabi, Lho Ditinggal Rabi, Lumayan Dapat Rayuan, Lama-Lama Ditinggal Rabi, Lupa Dengan Relationship, Luka Ditinggal Rantau, Lama Ditinggal Rantau dan lain-lain. Memang warga Twitter Indonesia sungguh kreatif.
Aku sebelumnya gak bayangin bakal ngrasain LDR, karena pacarku saja hanya lima langkah, mirip dengan judul lagu dangdut Pacar Lima Langkah. istilahnya bisa dibilang "Peknggo" (Ngepek Tonggo). Bagi kaum PCL (Pacar Lima Langkah) pasti pernah ngalami suka dukanya. Selama aku jadi PCL masih ngerasain banyak enaknya sih, dari apa-apa dekat, sudah saling kenal, gampang mantau dan jadi artis tingkat kampung.
Tapi itu semua berubah saat negara api menyerang, akhir taun lalu. Saat bangun tidur, dapat kabar dari dia kalau dia keterima jadi auditor di sebuah departemen pemerintahan. Antara senang dan sedih, senang karena jelas masa depan pacarku lumayan cerah karena bakal diangkat jadi pegawai  negeri, sedihnya dia bakal sering jauh dari aku. Ya awalnya masih happy-happy aja, sampai saat menjelang keberangkatannya merantau di akhir Januari. Itu adalah moment yang sedih banget, nganter dia ke stasiun Tugu, Sebelum berangkat salaman dulu terus dadah dadah gitu. Aku mandangi dia sampai dia hilang dalam kerumunan orang-orang. Masih sambil berdiri aku termangu di sana. Sambil nyanyi dalam hati lagunya Peterpan yang Semua Tentang Kita. Ketika dia bilang lewat sms kalau keretanya berangkat, tak berapa lama aku beranjak. Mau melewati gerbang keluar stasiun, terpapang tulisan gede SELAMAT BERGABUNG DI LDR-MANIA.
Beberapa bulan berlalu, sekarang bulan April, itu sudah beberapa bulan aku menyandang Sarjana LDR. Masih awal sih, tapi ini beberapa hal yang sudah aku alami dan sadari saat LDR :
1. Jelas hal pertama yang aku alami pertama, jarak yang sekarang tambah jauh. Semenjak dia di Zimbabwe sana sudah sulit kita ketemu bahkan untuk jalan bareng. Biasanya nglongok keluar jendela udah bisa lihat wajahnya. Terus dadah dadah...kiss kiss. Tapi aku bersyukur dalam tahap ini aku terpisahkan karena jarak, bukan terpisahkan karena agama atau hati.
2. Nguji kesabaran dan kepercayaan, kita gak tau pasangan kita di sana lagi ngapain, dimana sama siapa. Kalau pun ditanya, jawabannya kita tidak tahu bener apa enggak. Awal aku LDR, pernah miskom sampai berantem gitu. Ya ada aja hal yang buat berantem dari masalah sepele, karena sekarang gak dicebokin kalau habis boker sampai masalah gede karena gak dipinjemin jari saat ngupil. Jelas kita sedang diuji, dan aku yakin Tuhan gak ngasih ujian yang umat-Nya gak bisa ngerjain. Lambat laun makin ke sini sudah mulai teratasi, sudah bisa cebok sendiri dan ngupil sendiri.
3. Bakal sama-sama Sok Sibuk, ya maklum LDR gak bisa sering ketemu dan ngobrol. waktu yang biasanya buat berduaan jadi hilang. Alhasil aku dan dia sama-sama menyibukkan diri dengan aktivitas masing-masing. Ya biar keren aja di mata dia ketika ditanya seharian kemana gitu, "Iya tadi seru banget aku tadi ke Warung Kopi Mbok Min. Saat aku datang warungnya sepi, karena iba terus aku bantu ngejualin deh, di sana aku bantu ngabisin kopi sama rokoknya sendirian dari pagi sampai malem. Alhasil Mbok Min senang aku bantu."
4. Dilema buat datang ke undangan nikahan, biasanya dulu datang ke nikahan temen atau siapapun adalah saat yang aku tunggu. Gimana gak seneng ketika datang ada yang nuntun, jadi terbantu aja buat jalan ke nikahan ma foto-foto di pelaminan. Sekarang boro-boro nuntun, yang narik-narik aja kagak ada, harus jalan sendiri. Dan yang pasti males diwawancarai, karena banyak wartawan di sana yang bakal nanya macam-macam kayak kerja dimana, kok datang sendirian, kapan nikah, pacarnya kemana bla bla bla..
5. Kadang  lebay. Sering nih biar kita kelihatan pengertian dan perhatian, karena gak bisa ketemu dan gak tahu keadaan di sekitarnya, kita memberi nasehat yang kadang meleset. Saat Waktu Indonesia Barat waktu nunjukin saat Maghrib, aku kirim sms ,"Jangan lupa sholat Maghrib ya." Pacar jawabnya, "iya tapi sini masih Dhuhur tuh, Maghribnya masih entar." Nah lho...
6. Banyak Omdonya. Karena  dengan jarak yang jauh, komunikasi hanya bisa lewat sms, telpon, chat atau video call aja. Hal ini membuat LDR tak lepas dari omdo atau omong doang. 
Pacar sms ni, "Cup di sini hujan, dingin banget." 
Aku bales smsnya, "Yaudah sini aku peluk biar hangat." 
Dan apakah terus dia merasa badannya hangat? Nol besar.
7. Boros Tissu. Walaupun sudah ada media komunikasi kayak sms, telpon, chat, video call, surat, telegram, merpati pos dan lain-lain, tapi apa artinya kalau tidak bertemu dan saling menatap.  Pas kangen-kangennya dan hasrat ketemu tidak kesampaian akhirnya ya nyesek di dada sambil ngliatin foto atau bayangin saat masih  sering ketemu dan tak lupa bayangin sambil ngelap air mata yang keluar dengan tisu. Alhasil kita harus nyiapin tissu banyak karena bakal sering ngrasa kangen.
8. Autis dengan namanya HP. Karena HP adalah alat komunikasi andalan para LDRmania, maka sepanjang waktu dan dimanapun HP tidak bisa lepas darinya. Bahkan saat boker, 
Pacarku "Kamu lagi apa sayang?" aku," Ini aku lagi boker syg, lumayanlah keluarnya banyak hari ini, dan gak encer.hehe"  
Atau mungkin saat sedang nyeberang jalan ama temen-temen. 
Temenku,"Hey ayo ini ini saatnya jalan, mumpung sepi." 
Aku,"Bentar ini pacarku mau makan, aku mau ngucapin met makan dulu ya, bentar lagi aku susul kamu"(sambil terus mantengin layar HP)
Alhasil keserempet motor.

Ya mungkin itu dulu deh sharing tentang cerita LDRku. Aku yakin masih banyak kisah kasih nikmatnya LDR. Lain kali kita lanjut lagi. Bagi kaum LDR, semoga kita selalu diberi kesabaran dan ketabahan buat jalani hidup ini,  LDR bukan akhir dari segalanya. Menurutku, walaupun LDR berarti hubungan jarak jauh tapi LDR adalah waktu dimana kita benar-benar mengenal dekat pasangan kita karena sifat asli pasangan kita akan terlihat saat kita berhubungan jarak jauh. Tetap semangat dan Forza LDRmania!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar