Rabu, 23 April 2014

Selamat #HariBuku Sedunia

Tahukah teman-teman pada tanggal 23 April selalu diperingati sebagai hari buku sedunia?
Kalau sudah tahu, berarti kamu kamu semua emang TOP!
Jujur, aku tahu baru hari ini, itupun karena muncul di Trending Topic Twitter.hehe..
Akhirnya tanya Mbah Google ni tentang Hari Buku Sedunia ini. Ternyata UNESCO-lah yang pada tahun 1995 merancang tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia.
Berbicara tentang buku, ingatanku melayang ke buku pertama yang aku baca *selain buku pelajaran
Ya sebenarnya bukan buku yang penuh tulisan sih, buku pertamaku ini adalah sebuah komik. Ini dia...

 komik pertamaku masih tersimpan, walau udah lusuh sampulnya

Bagi yang sering baca komik, diliat dari judulnya kebanyakan sudah banyak yang baca, KUNG FU BOY. Ini komik sangat populer pada jamannya. Menceritakan tentang petualangan seorang anak bernama  Chinmi, yang diramalkan sebagai seorang jago Kung Fu yang kelak akan menyempurnakan Kung Fu Dairin. Waktu aku beli sih sebelumnya gak ngerti ceritanya gimana, bagus apa gak, atau terkenal apa kagak komik dengan judul ini. Ya asal comot aja karna ada kata Kung Fu-nya, maklum waktu kecil seneng dengan cerita laga kayak gitu.hehehe...
Ini komik pertamaku sedari kecil ingusan. Aku inget sekali komik ini dibelikan Orangtuaku karena dapat peringkat bagus di kelas, waktu kelas 2 SD. Waktu itu sebenarnya aku beli 2 komik, Kung Fu Boy jilid 1 dan 2, tapi sekarang aku nyari ngubek-ubek di rumah yang jilid 2 entah kemana.

ini karena takut ilang, sampai dinamai kayak gini tapi ya ternyata yang jilid 2 tetep aja ilang
bagian dalemnya masih enak dibaca sampai sekarang :)

Setelah baca komik ini, akhirnya aku ketagihan dan nyari komik-komik lain. Alhasil waktu kecil saat itu menumpuk koleksi komik macam Doraemon, Dragon Ball, Fishing Fun, TOP, Offside, Shoot, Detective Conan, dan lain-lain. Yah walaupun sekarang koleksi komikku udah banyak yang hilang entah kemana. Tapi untuk Detective Conan sampai sekarang masih ngikutin beli tiap bulannya. Walaupun sekarang sudah ada Komik Online, tapi menurutku rada aneh kalau baca online seperti itu, mungkin penyebabnya karena selama ini karena aku udah terbiasa baca komiknya langsung manual.
Dari suka baca komik beranjak ke buku macam Sherlock Holmes, beberapa karya Pramoedya Ananta Toer, The Da Vinci Code, Kisah-kisah sejarah, motivasi  dan lain-lain.
Semoga dengan adanya Hari Buku sedunia ini bisa dimanfaatkan bukan hanya sebagai sebuah peringatan saja tapi juga sebagai momentum untuk membangkitkan gairah membaca teman-teman sedunia. 
Baca apa kalian hari ini? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar